Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Seluma / Rehab Lima Rumah Pakai Dana Desa

Rehab Lima Rumah Pakai Dana Desa

PENERIMA BANTUAN: Salah satu warga yang mendapatkan bantuan rehab rumah menggunakan dana desa Padang Merbau. Mengingat kondisi rumah yang sangat memprihatinkan.(foto: yudi/rb).

BENGKULU – Pemerintah Desa Padang Merbau Kecamatan Seluma Selatan Kabupaten Seluma, tahun ini mulai mengalokasikan dana desa (DD) untuk membedah sejumlah rumah tidak layak huni milik warga miskin. Rencananya lima rumah milik warga miskin akan direhab tahun ini. Sembari menunggu program program rehab rumah tidak layak huni dari Pemkab Seluma. Rehab rumah ini sudah sesuai dengan peruntukan DD. Dimana sebagian untuk pemberdayaan yang menyentuh langsung dengan masyarakat.

Kades Padang Merbau, Sasyadi membenarkan hal tersebut. Ia mengaku pada tahun ini perangkat desa sudah sepakat dalam mengalokasikan sejumlah dana desa untuk melakukan rehab lima rumah warga miskin tersebut. Agar tidak salah pilih, mereka sudah melakukan survei keliling desa dalam mencari rumah mana saja yang berhak menerima bantuan. Hal itu agar tujuan dari program ini dapat benar-benar menyentuh masyarakat yang membutuhkan dan tepat sasaran.

“Kami memang menargetkan perehaban rumah itu berangsur-angsur. Dimana pada tahun-tahun selanjutnya nanti akan ada lagi beberapa rumah yang direhab,” ujarnya.

Ia mengaku bahwa hanya lima rumah saja yang bisa dibantu menggunakan DD tahun ini. Mengingat masih banyak juga pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan masyarakat desa. Adapun infrastruktur itu seperti pembuatan jalan dan saluran irigasi. Mengingat bahwa desa ini merupakan salah satu sentra produksi pangan di Kabupaten Seluma. Selain itu, pihaknya juga merencakan akan membangun lampu jalan. Mengingat kondisi sekitar desa terutama jalan umumnya, sangat gelap ketika malam hari. Karena tidak ada lampu penerangan. “Mayoritas warga disini merupakan petani. Itulah kenapa fokus dengan saluran irigasi, jalan dan lampu penerangan. Ini untuk membuat pertanian di sini semakin membaik,” jelasnya.

Sementara itu, pihaknya juga telah mengusulkan sebanyak 60 rumah tidak layak huni kepada Pemkab Seluma untuk mendapatkan program rehab. Ia berharap semua usulan tersebut dapat disetujui oleh Pemkab Seluma.

Selain itu, salah satu penerima bantuan rehab, Nurhalina (80) mengaku sangat senang. Dia berharap agar pemerintah desa maupun pemerintah daerah terus memperhatikan masyarakat kurang mampu di Kabupaten Seluma. Nenek tanpa keluarga ini bahkan tidak mendapatkan bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan berharap agar pemerintah tepat sasaran dalam memberikan bantuan.

“Makan juga susah, Jika ada bantuan kami sangat berharap, bahkan PKH saja saya gak dapet, sedangkan yang terbilang cukup mampu malah dapat,” pungkasnya.(cup)

Berita Lainnya

Operasi Wanalaga Temukan Bangkai Harimau Sumatera Terjerat di Seluma

SELUMA– Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) ditemukan mati terjerat di Desa Selingsingan Kecamatan Seluma …