Minggu , 26 Januari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / Inventarisir Kesiapsiagaan Bencana

Inventarisir Kesiapsiagaan Bencana

CURUP – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini sedang melakukan proses inventarisir kesiap siagaan bencana. Mulai dari kesiapsiagaan tingkat kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan. Hal ini disampaikan Kabid Pencegahan dan kesiap siagaan BPBD Kabupaten Rejang Lebong Andi Purwanto, S.KM kepada RB Senin (13/1).

Dijelaskan Andi, inventarisir yang dilakukan sesuai instruksi BPBD Provinsi Bengkulu, mulai dari Kesiap Siagaan Bencana mulai dari kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa/kelurahan. Lalu inventarisir peralatan penanggulangan bencana dan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk mengiventarisir daerah-daerah rawan bencana. ‘’Instruksi dari BPBD Provinsi Bengkulu seperti itu (inventarisir ulang, red) dan sedang kita lakukan saat ini,’’ terang Andi Senin (13/1).

Sejauh ini, sambung Andi, Kabupaten Rejang Lebong memang memiliki delapan potensi bencana. Namun yang saat ini patut diwaspadai masyarakat terutama dalam kondisi cuaca ekstrim seperti sekarang, yaitu bencana banjir dan longsor. Karena dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Rejang Lebong menjadi salah satu wilayah rawan banjir dan longsor disaat musim penghujan.

‘’Meskipun begitu, sejak awal Januari 2020 hingga sekarang, alhamdulillah kita belum ada laporan kejadian. Namun masyarakat tetap kita minta kesiapsiagaannya. Untuk kesiapsiagaan kita sendiri, alat berat BPBD dan PUPRPKP siap siaga dan standby di kantor. Begitu juga dengan personel siap siaga ketika ada kejadian,’’ sambung Andi.

Ditambahkan Andi, beberapa wilayah yang patut diwaspadai dari pengalaman selama ini, untuk banjir yaitu sepanjang aliran Sungai Duku serta Sungai Musi yang ada di beberapa wilayah kecamatan. Lalu untuk potensi longsor, diantaranya di sepanjang jalan negara lintas Curup-Lubuk Linggau. ‘’Serta sepanjang jalan provinsi, diantaranya di jalur Kecamatan Sindang Kelingi-Sindang Dataran dan jalan lintas Curup Muara Aman serta beberapa lokasi/titik lainnya,’’ imbuh Andi.(dtk)

Berita Lainnya

Pendaftar PPK Rejang Lebong Tembus 474 Orang

CURUP – Jadwal Pendaftaran seleksi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Rejang Lebong resmi ditutup ...

error: Content is protected !!