Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Kapolres Dukung Pengelolaan Tahura

Kapolres Dukung Pengelolaan Tahura

PANTAU: Kapolres Bengkulu Tengah, bersama Sekda Bengkulu Tengah dan jajaran Senin (13/1) memantau langsung lokasi pengelolaan Tahura.(foto: fintah/rb).

BENTENG – Kapolres Bengkulu Tengah, AKBP. Andjas Adipermana, S.IK Senin (13/1) meninjau langsung Pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Rajo Lelo di Desa Tanjung Terdana Kecamatan Pondok Kubang. Kapolres didampingi langsung Sekda Bengkulu Tengah, Edy Hermansyah, Ph.D, Kadiskominfo Bengkulu Tengah Budiman Efdy W, SE, S.IP, Kadisparbud Bengkulu Tengah Gunawan Wibisana Rifki, S.STP, MH, Waka II DPRD Bengkulu Tengah Evi Susanti, S.IP. Dalam penyampaiannya, Kapolres merasakan bahwa Tahura bisa menjadi lokasi yang ramai dikunjungi oleh orang. “Pengelolaannya juga harus baik,” katanya.

Untuk saat ini, Kapolres juga menilai sudah bagus. Beberapa sarana pendukung juga sudah bisa membuat betah pengunjung. Namun, Kapolres mengingatkan agar pengelolaan wisata kedepannya juga harus memberdayakan masyarakat sekitar lokasi Tahura. “warga harus terkena dampak positifnya,” ujarnya.

Hal itu dimisalkan adanya usaha baru seperti yang sudah mulai terlihat saat ini. Yakni beberapa warga sudah bisa membuka usaha jualan di sekitar lokasi Tahura.

Sekda Bengkulu Tengah, Edy Hermansyah mengatakan bahwa untuk kedepannya memang masih akan ada penambahan terutama sarana hiburan di lokasi Tahura. Namun, sata ini pemerintah daerah juga fokus pada pengelolaan seluruh lahan Tahura yang luasnya mencapai 1.200 hektare, baru sekitar 154 hektare yang sudah bisa dikelola.

Untuk sisanya akan dilakuakn secara bertahap. Karena, hal ini juga harus dibicarakan bersama DPRD Bengkulu Tengah untuk pengembangan lokasi Tahura selanjutnya.

“Termasuk peningkatan sarana umum untuk menjadikan Tahura sebagai lokasi wisata, studi kehutanan dan juga pembelajaran lingkungan,” kata Sekda.

Sementara itu, Waka II DPRD Bengkulu Tengah, Evi Susanti mengaku pihaknya siap untuk mendukung penuh pengembangan lokasi Tahura. Apalagi dengan luas lahan mencapai 1.200 hektare, jika dikelola dengan baik pasti akan memberikan banyak manfaat terutama bagi masyarakat.

“Kami siap membantu dalam hal penganggaran untuk pengembangan Tahura kedepannya,” demikian Evi.(vla)

Berita Lainnya

Tonase Berlebih, Truk Diamankan

BENTENG – Satlantas Polres Bengkulu Tengah, Kamis (20/2) mengamankan satu unit truk yang mengangkut TBS …