Minggu , 26 Januari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Pemkab Mukomuko Alokasi Dana Untuk Pendampingan Hukum

Pemkab Mukomuko Alokasi Dana Untuk Pendampingan Hukum

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko akan alokasikan anggaran  untuk Program Pendampingan Hukum Gratis terhadap warga tidak mampu. Alokasi  dananya sekitar Rp 40 juta. Ini murni dari APBD Kabupaten Mukomuko.

‘’Program bantuan pendampingan hukum untuk warga tak mampu masih ada tahun ini. Masih kita lanjutkan,” kata Kabag Hukum Setdakab Mukomuko, Bachtiar Syofian, SH.

Dari total pagu yang disiapkan, diharapkan bakal dapat bantu masyarakat dengan jumlah perkara maksimal lima perkara. Dan perkara yang didampingi, seluruhnya  sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

“Seluruh perkara. Tetapi sesuai Juklak dan Juknisnya. Tapi jika perkara tindak pidana korupsi, kita bantu melalui program ini,’’ jelas Bachtiar.

Dijelakannya, bantuan hukum yang diberikan nanti tak hanya berupa pendampingan diawal saja. Tapi mulai dari penyelidikan  sampai  persidangan.

“Jadi tidak awal-awal saja didampingi tapi dari awal sampai selesai masalah hukumnya. Artinya sampai putusan pengadilan,’’ papar Bachtiar.

Prosedur warga untuk bisa mendapat layanan pendampingan hukum gratis, harus sampaikan surat permohonan ke Pemkab Mukomuko dengan  disertai surat keterangan tak mampu. Yang diterbitkan pejabat terkait.

“Selanjutnya, diproses lebih lanjut hingga menunjuk pengacara yang bakal mendampingi warga yang bersangkutan,” tegasnya.(hue)

Berita Lainnya

Kontraktor Galian C di Mukomuko Tidak Patuh Pajak

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko kehilangan sumber Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak mineral bukan logam ...

error: Content is protected !!