Minggu , 26 Januari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / Usulan Anggaran TPS Tak Pernah Diakomodir

Usulan Anggaran TPS Tak Pernah Diakomodir

Darmansyah

CURUP – Persoalan tempat pembuangan sampah di Kabupaten Rejang Lebong (RL) beberapa tahun belakangan masih menjadi salah satu keluhan masyarakat. Baik itu keluhan yang disampaikan langsung kepada pemerintah maupun melalui media sosial. Keluhan masyarakat terutama soal minimnya bak penampungan sampah atau Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di Kabupaten Rejang Lebong.

Dari konfirmasi yang didapatkan RB kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rejang Lebong Drs. Darmansyah, MM Senin (13/1), saat ini mereka memang hanya memiliki lima lokasi TPS. Masing-masing Pasar Atas, Bang Mego, Simpang Iskandar Ong, Sukawati dan Kelurahan Dwi Tunggal. Serta memanfaatkan motor operasional pengangkutan sampah sebanyak 7 unit yang dioperasikan mengangkut sampah warga di kawasan Kota Curup.

Upaya lain, kata Darmansyah, mereka tahun ini akan kembali mendirikan setidaknya dua lokasi TPS. Masing-masing satu rencananya di kawasan Kelurahan Simpang Nangka dan satu titik lagi belum ditentukan. Ditambah dengan adanya hibah motor gerobak sampah tahun 2019 sebanyak 30 unit. ‘’Gerobak sampah hibah 2019 ini sudah kita serahkan ke KSM masing-masing wilayah kecamatan untuk dikelola sendiri,’’ terang Darmansyah.

Lebih jauh Darmansyah menjelaskan, terakhir pengadaan tong atau kotak sampah yaitu tahun anggaran (TA) 2016. Setelah itu tidak pernah ada lagi pengadaan atau pembangunan kotak sampah. Sedangkan sarana dan prasarana yang sudah banyak hancur dan tidak bisa difungsikan lagi. Sedangkan upaya lain yaitu dari CSR investor perusahaan, termasuk dari perbankan selama ini belum memadai untuk menampung buangan sampah masyarakat.

‘’Selama ini kita bukan tidak pernah mengajukan usulan pengadaan dan pembangunan sapras (sarana dan prasarana, red) persampahan. Mulai dari kotak sampah, gerobak sampah hingga armada angkutan sudah kita ajukan saat pembahasan anggaran. Hanya saja dengan alasan anggaran tidak memadai, usulan tersebut memang belum diakomodir sampai sekarang,’’ imbuh Darmansyah.(dtk)

Berita Lainnya

Bid Dokkes Polda Bengkulu Cek DNA dan Periksa Tulang Tengkorak Pelajar yang Diduga Astrid Aprilia

CURUP – Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.IK bersama dan Dandim 0409/RL Letkol ...

error: Content is protected !!