Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Kepahiang / Bupati Ingatkan, Camat Harus Berperan dalam Kemajuan Daerah

Bupati Ingatkan, Camat Harus Berperan dalam Kemajuan Daerah

LANTIK: Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU saat melantik Camat Ujan Mas, Sofyan Amsah, Rabu (15/1).(foto: arie/rb).

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU menegaskan bahwa salah satu yang memiliki peran penting dalam kemajuan dan pembangunan daerah, ada di tangan para camat. Untuk itu para camat dituntut harus bisa memahami situasi, kondisi, serta potensi wilayah yang dipimpinnya.

Hal ini diungkapkan Bupati disela-sela acara Pelantikan Camat Ujan Mas di kantor Kecamatan Ujan Mas, Rabu (15/1). Menurut Bupati, pelaksanaan pembangunan khususnya di sektor infrastruktur tidak terlepas dari peran kecamatan. Peranan Camat dalam pengambilan kebijakan pembangunan infrastruktur meliputi pembinaan terhadap aparat kecamatan dan masyarakat, serta berkoordinasi dalam pembangunan infrastruktur.

“Camat juga berperan memfasilitasi pembangunan infrastruktur yang mencakup pelayanan informasi, Musrenbang, dan pengawasan. Camat sangat berperan dalam pengambilan kebijakan pembangunan infrastruktur, menguraikan kendala-kendala yang dihadapi, serta cara mengatasi kendala-kendala dalam pembangunan infrastruktur, khususnya di Kecamatan Ujan Mas ini,” terang Bupati.

Bupati juga mengatakan, bahwa selain sebagai pemimpin kecamatan, Camat juga mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintahan untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan juga menyelenggarakan tugas umum pemerintahan. Seperti, kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum.

“Kemudian camat juga berperan dalam mengkoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan, membina penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan, pelaksaaan pembinaan penyelenggaraan bidang ekonomi dan pembangunan, pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang sosial dan kemasyarakatan, serta penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideologi negara dan kesatauan bangsa,” bebernya.

Namun demikian, sambung Bupati, tugas Camat bukan hanya menyelesaikan administrasi pemerintahan semata. Melainkan juga harus bisa menyerap aspirasi masyarakat di wilayahnya, yang kemudian bisa dikonversikan menjadi sebuah program dan inovasi pembangunan masyarakat.

“Jadi terapkan dedikasi terbaik untuk membantu tugas pemerintah daerah, agar pembangunan daerah bisa merata di semua lini masyarakat,” tegas Bupati.

Di sisi lain Camat Ujan Mas, Sofyan Amsah usai kegiatan mengaku siap mengemban amanah yang diberikan Pemkab Kepahiang kepada dirinya. Adapun langkah strategis yang akan dilakukan pertama kalinya, yakni melakukan pemetaan potensi dan kebutuhan pembangunan masyarakat Ujan Mas.

“Ini sebuah tanggung jawab dan amanah yang tidak ringan untuk saya. Namun saya optimis mampu mengemban amanah ini. Untuk langkah awal yang ingin saya lakukan, adalah melakukan pemetaan kebutuhan pembangunan dan potensi wilayah. Seperti yang dikatakan Bupati, agar pembangunan yang dilakukan bisa merata dan memiliki asas manfaat di berbagai lini,” demikian Sofyan.(sly)

Berita Lainnya

Maling Pisang Milik Jaksa, Remaja Dibekuk Warga

KEPAHIANG– Warga Desa Taba Tebelet Kecamatan, Kamis (20/2) dihebohkan dengan tertangkapnya seorang remaja dibawah umur …