Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / 16 Raperda Siap Dibahas

16 Raperda Siap Dibahas

Budi Suryantono

BENTENG – Data yang telah masuk di DPRD Bengkulu Tengah, terdapat 16 Rancangan Peraturan Daerah yang akan dibahas tahun 2020 ini. Seluruhnya merupakan usulan dari Pemkab Bengkulu Tengah tanpa adanya Raperda inisiatif dewan. Diantaranya Raperda Tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Raperda Terminal Angkutan Barang dan Orang, Raperda Kawasan Tanpa Rokok.

Ketua DPRD Bengkulu Tengah, Budi Suryantono mengatakan, Raperda akan segera dibahas bersama dengan anggota dewan lainnya. “Pembahasan akan dilaksanakan secara bertahap sesuai dengan masa sidang,” terangnya, Jum’at (17/1).

Disampaikannya, ada 3 masa sidang dalam satu tahun. Sebanyak 16 Raperda akan dibagi per masa sidang nantinya. Semua usulan sudah masuk dari eksekutif. Budi menyampaikan usulan diantaranya berasal dari Setdakab Bengkulu Tengah, Badan Keuangan Daerah Bengkulu Tengah, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Badan Perencanaan Penelitiaan dan Pembangunan.

“Seluruh Raperda akan dilakukan tahapan hearing hingga studi banding ke sejumlah daerah. Ini dilakukan guna memastikan Raperda yang disahkan menjadi Perda tak mengalami kendala apapun saat diterapkan,” katanya.

Hearing hingga studi banding atau kunjungan ke daerah-daerah yang sudah lebih dulu menerapkan Perda. Sehingga, daerah bisa mendapatkan gambaran bagaimana penerapan yang maksimal. “Harus ada perbandingan sebelum ditetapkannya Perda yang diusulkan,” demikian Budi. (vla)

Berita Lainnya

Warem Marak, Warga Bengkulu Tengah Minta DPRD Bertindak

BENTENG – Minimnya tanggapan terhadap keberadaan warung remang-remang (warem) di jalan lintas Pasar Pedati-Tugu Hiu ...