Senin , 24 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / 2020, Mukomuko Dapat Program Cetak Sawah

2020, Mukomuko Dapat Program Cetak Sawah

MUKOMUKO – Kalau tidak ada aral melintang, Mukomuko tahun ini juga akan dapat program cetak sawah baru. Jika ini benar terwujud, Mukomuko  berpotensi mendapat kuota sampai 200 hektare cetak sawah.

Dikatakan Dandim 0428/Mukomuko Letkol Inf. Y.M. Teguh Edy Pamungkas, program tersebut proyek luncuran dari Kementerian Pertanian RI. Tetapi dalam pelaksanaannya Kementan akan menggandeng Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. “Jadi sumber anggaran dari APBN,” kata Dandim.

Selanjutnya, tindaklanjut  dari memorandum of understanding Kementan dengan TNI AD itu pelaksanaannya secara berjenjang ke bawah. Artinya, setelah itu, nanti ada MoU bersama  Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu bersama Pangdam II/Sriwijaya.

Setelah itu berlanjut lagi penandatanganan MoU antara Distan Mukomuko dengan Komandan Komando Resor Militer  041/Garuda Emas. Sedangkan peranan dari Kodim 0428/Mukomuko sebagai pelaksana program di lapangan.

“Dandim sebagai pelaksana di lapangan saja kerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko. Untuk pelaksanaannya, kita masih menunggu informasi dari Kementan RI,” ujar Dandim.

Ditambahkan Pasi Teritorial yang merangkap Plh Pasi Intelijen Kodim 0428/Mukomuko, Kapten Inf. Umar Azwin, rencana lokasi pelaksanaan program cetak sawah baru berada di dua kecamatan. Yakni di Kecamatan Lubuk Pinang dan Air Manjuto.

‘’Rencananya di wilayah itu. Karena memang kedua wilayah ini lahannya bisa terjangkau dengan sumber pengairan Bendungan Manjuto. Sedangkan di wilayah lain, belum,’’ terang Umar.

Kini pihaknya masih menunggu kapan program itu mulai dijalankan di lapangan. Infonya, bakal adanya rapat koordinasi dengan pihak terkait untuk membahas rencana pelaksanaan program tersebut.

“Kemungkinannya dalam waktu dekat akan ada rapat koordinasi bahas masalah ini. Mudah-mudahan pertengahan Februari ini sudah ada gambaran. Semoga ada realisasinya,” tandas Umar.(hue)

Berita Lainnya

RAT Sekaligus Pembagian SHU Kopkar PT. DDP

IPUH – PT. Daria Dharma Pratama menyelenggarakan Kegiatan Rapat Anggota Tahunan sekaligus pembagian Sisa Hasil …