Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Petani Gotong Royong Bersihkan Irigasi

Petani Gotong Royong Bersihkan Irigasi

GOTONG ROYONG: Petani di lahan persawahan Padang Segaro bersama TNI bergotong royong membersihkan saluran air menjelang masa tanam.(foto: fintah/rb).

BENTENG – Petani di Desa Durian Demang, Desa Dusun Baru dan Desa Dusun Baru II Kecamatan Karang Tinggi, Jum’at (17/1) bergotong royong membersihkan saluran air atau irigasi di lahan persawahan Padang Segaro. Karena, saat ini sudah siap untuk memasuki masa tanam di awal tahun 2020. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari TNI yakni yang bertugas sebagai Babinsa di daerah tersebut.

Kepala Desa Durian Demang, Zainal Arifin menjelaskan, lahan persawahan Padang Segaro merupakan lahan yang sumber airnya dari Cek Dam di Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung. Selama musim kemarau tahun lalu, lahan memang tidak bisa digarap optimal karena kekurangan air. “Saat ini sudah memasuki musim hujan dan persediaan air yang dibutuhkan petani juga melimpah,” terang Zainal, Jum’at (17/1).

Namun, karena saluran irigasi mengalami kekeringan sehingga menyebabkan rumput menutupi saluran air. Hal ini jika dibiarkan akan menghambat laju air yang dibutuhkan petani untuk masuk ke lahan persawahan. “Kalau sudah dibersihkan, tentu aliran air akan lancar kembali,” jelasnya.

Untuk mulai masa tanam, saat ini petani juga sudah melakukan penyemaian benih padi. Diperkirakan tidak lama lagi musim tanam serentak juga akan bisa dimulai. Lahan persawahan Padang Segaro merupakan lahan yang juga dialiri air dari sumber air seperti aliran Sungai Rindu hati yang berada di daerah hulu Kecamatan Taba Penanjung.

Sementara itu, Babinsa TNI, Sertu Maryanto bersama rekannya Serda Amang yang ikut dalam kegiatan gotong royong bersama petani mengungkapkan, bahwa kegiatan bakti sosial bersama ini untuk membantu petani dalam menggarap lahannya. Sehingga seluruh lahan bisa teraliri air ketika sudah dimulai musim tanam mendatang.

Selain itu, TNI juga bagian dari masyarakat harus ikut serta dalam kegiatan masyarakat, terutama yang berkaitan dengan peningkatan dan pembangunan untuk masyarakat. “TNI siap membantu dan akan selalu turun dalam berbagai kegiatan yang dilakukan masyarakat,” pungkasnya.(vla)

Berita Lainnya

Warem Marak, Warga Bengkulu Tengah Minta DPRD Bertindak

BENTENG – Minimnya tanggapan terhadap keberadaan warung remang-remang (warem) di jalan lintas Pasar Pedati-Tugu Hiu ...