Jumat , 21 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Pilkada 2010, KPU Siap Gandeng JPN

Pilkada 2010, KPU Siap Gandeng JPN

INTELIJEN: Kasi Intelijen Kejari Mukomuko bersama tim menyambangi Sekretariat KPU Mukomuko. (foto:peri/rb)

MUKOMUKO – Meski tahapan inti dari Pilkada 2020 masih lama, tetapi KPU Mukomuko sudah rancang menggandeng jaksa pengacara negara. Langka ini dilakukan guna persiapan menghadapi permasalahan hukum yang  timbul dari pelaksanaan Pilkada.

Khususnya masalah hukum berhubungan dengan gugatan perdata. “Iya kita akan MoU dengan JPN,’’ kata Komisioner KPU Mukomuko Divisi Hukum, Rahmad Bodi Santosa, Kamis (16/1).

Digandengnya JPN lanjut Santoso didasarkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016  Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati serta Walikota. Tapi dalam pelaksanaannya akan digabung di Kejaksaan Tinggi Bengkulu.

‘’Berdasarkan undang-undang itu juga, maka kasus yang ditangani dari MoU dengan Jaksa Pengacara Negara yakni kasus yang sifatnya perdata,” jelas Bodi.

Kedepannya, lanjut Bodi, KPU Mukomuko juga rencana  menggandeng Lembaga Bantuan Hukum atau kantor pengacara. Ini tak  lain untuk menjamin keadilan  semua jajaran KPU Mukomuko dalam melaksanakan Pilkada.

Kalau jajaran KPU Mukomuko tersandung soal perkara hukum pidana ketika jalankan tugas penyelenggaraan Pilkada,  ada pendampingan hukum untuk  mastikan jajaran KPU Mukomuko memperoleh keadilan.

Namun ini belum dapat diputuskan pihaknya. Pasalnya, masih menunggu regulasi dari KPU Pusat. Apakah nanti hanya cukup KPU  Pusat yang akan jalin kerjasama dengan LBH, atau diserahkan pada KPU daerah jalin kerjasama dengan LBH di daerah masing-masing.

‘’Tinggal kita menunggu regulasi dari atas seperti apa mekanismenya. Apakah  terpusat dari atas atau diserahkan ke kita. Jaminan hukum ini penting ada supaya semua petugas KPU Mukomuko merasa nyaman jalankan tugas,” demikian Bodi.(hue)

Berita Lainnya

Jaga Investasi, Kejari Luncurkan “Ikan Mikih”

MUKOMUKO – Kejari Mukomuko turut peduli menarik minat investor ke Mukomuko, serta investasi yang sudah …