Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / 25 Bacades Ikut Tes Tertulis

25 Bacades Ikut Tes Tertulis

SERIUS: Para bakal calon kades dari empat desa jalani tes tertulis untuk menentukan siapa yang menjadi calon kades untuk ikut Pilkades serentak di desa masing-masing. (foto: wanda/rb)

CURUP – Sebanyak 25 peserta bakal calon kades dari empat desa mengikuti kegiatan seleksi tertulis. Kegiatan yagn dipusatkan di Aula Polres Rejang Lebong itu, disaksikan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Rejang Lebong, Suradi, SP, M.Si beserta panitia kabupaten, kecamatan hingga panitia Pilkades masing-masing desa.

Bacades empat desa tersebut, masing-masing Desa Air Merah Kecamatan Curup Tengah 6 peserta. Desa Dusun Sawah Kecamatan Curup Utara 6 peserta, Desa Air Kati Kecamatan Padang Ulak Tanding 6 peserta dan Desa Kota Padang Baru Kecamatan Kota Padang 7 peserta. Kegiatan tes tertulis ini digelar satu sehari. Hasil tes tertulis langsung diumumkan, Sabtu (18/1).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Rejang Lebong, Suardi, SP, M.Si menyampaikan seleksi tertulis bagi Bacades harus dilaksanakan, karena Bacades lebih dari 5 peserta. ‘’Dari 56 desa yang akan gelar Pilkades, empat desa yang Bacades-nya lebih 5 orang. Berdasarkan aturan, calon maksimal lima orang maka dilakukan ters tertulis,’’ terang Suradi.

Meskipun nilai tes tertulis langsung diumumkan, papar Suradi, untuk hasil akhir atau siapa yang yang lolos menjadi calon kades nantinya, diumumkan oleh panitia Pilkades desa masing-masing. Untuk materi ujian tertulis yakni seputar materi pengetahuan umum termasuk tentang lingkungan pemerintahan desa.

‘’Hari ini Sabtu (18/1) kita langsung umumkan nilainya. Soal siapa yang lulus jadi Cakades, nanti panitia desa akan mengumumkan. Untuk tahapan selanjutnya jika tidak ada kendala teknis Senin (20/1) masing-masing panitia desa melakukan pencabutan nomor urut untuk Cakades,’’ imbuh Suradi.(dtk)

Berita Lainnya

Masuk Bawah Truk, Pemuda Kepahiang Patah Tulang

CURUP TIMUR – Sabtu (15/2) sore menjelang Magrib, kecelakaan lalulintas terjadi saat hujan deras mengguyur ...