Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Diduga Rumah Bantuan Nelayan Disalah gunakan

Diduga Rumah Bantuan Nelayan Disalah gunakan

MUKOMUKO – Dua oknum nelayan yang namanya tercantum dalam SK nelayan yang berhak menempati sementara rumah bantuan dari pemerintah, bakal dipanggil oleh Pemkab Mukomuko. Ini menindaklanjuti dugaan kalau kedua oknum nelayan tersebut, tidak menempati rumah yang sudah diberikan.

Meski rumah dimaksud terlihat ada yang menghuni, disinyalir orang tersebut bukan nelayan bersangkutan. ‘’Diduga bantuan itu disalahgunakan, karena bukan ditempati oleh orang yang tidak berhak menempatinya. Dalam waktu dekat ini kami akan memanggil dua penerima rumah khusus nelayan itu,” kata Kabid Perumahan Rakyat Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Mukomuko, Budi Antoni.

Disebutnya, pemanggilkan kedua oknum nelayan penerima bantuan untuk dimintai keterangan. Apakah dugaan tersebut benar adanya, atau sebaliknya.

Bahkan ketua nelayan setempat juga bakal dimintai keterangan. Langkah ini, setelah pihaknya menemukan dua unit rumah khusus nelayan di Kelurahan Koto Jaya Kecamatan Kota Mukomuko diduga disalahgunakan peruntukannya. “Awalnya ada yang melapor. Terus kita pantau ke lapangan. Sepertinya dugaan itu benar,” ujar Antoni.

Jika nanti benar demikian, dipastikan kedua oknum nelayan tersebut bakal diproses lebih lanjut. Sebab sudah menyalahgunakan bantuan yang diberikan pemerintah.

Semua nelayan yang mendapatkan bantuan rumah hunian khusus itu sudah menandatangani surat perjanjian. Salah satu poin yang dinyatakan dalam perjanjian, tidak memindahtangankan rumah kepada orang atau nelayan lain.

“Sebanyak 50 unit rumah khusus nelayan itu sebagai tempat hunian sementara bagi nelayan. Sehingga mereka memiliki kesempatan menambung, sampai punya kemampuan ekonomi membangun rumah sendiri,” jelasnya.

Artinya, apabila surat perjanjian tersebut dilanggar, konsekuensinya, rumah tersebut ditarik. Akan dialihkan kepada nelayan lainnya, yang lebih membutuhkan tempat hunian.(hue)

Berita Lainnya

50 Gerobak dan 10 Tenda untuk Pedagang Mukomuko

MUKOMUKO – Kementerian Perdagangan akan mengucurkan bantuan bagi pedagang Mukomuko, tahun ini. Bantuan berupa gerobak ...