Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Distan Terpaksa Berutang Rp 500 Juta

Distan Terpaksa Berutang Rp 500 Juta

MUKOMUKO – Utang Dinas Pertanian Mukomuko kepada pihak rekanan, mencapai Rp 500 juta. Informasinya, utang bersumber dari sejumlah kegiatan yang tidak tuntas pembayarannya hingga akhir tahun 2019.

Diantaranya, kegiatan pengadaan barang kontainer dan nitrogen cair sekitar Rp 226 juta, pengadaan kambing sekitar Rp 49 juta, pengadaan mesin pencacah pelepah sawit untuk pakan ternak sekitar Rp 126 juta, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan Mukomuko, Warsiman, S.Pt dikonfirmasi mengatakan semua kegiatan itu anggaran berasal dari di APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2019. Yang ternyata di akhir tahun, tiba-tiba hilang anggarannya. “Sampai sekarang belum ada solusi untuk menutupi utang itu,” kata Warsiman.

Warsiman mengaku dibuat repot oleh tagihan beberapa pihak penyedia. Mendesak supaya utang itu segera dibayarkan. Alasan, pihak penyedia, bahwa barang sudah diterima OPD dan sudah dibagikan ke masyarakat. “Penyedia yang sudah begitu mendesak, mereka yang menyediakan kambing dan mesin pencacah pelepah sawit,” kata Warsiman.

Sedangkan kegiatan lainnya, pihak penyedia berencana mengambil kembali barang-barang yang sudah mereka datangkan. Diantaranya berupa kontainer dan N2 cair. “Memang tidak mendesak, tapi mereka akan kembali mengambil barang yang sudah didatangkan ke Mukomuko,” kata Warsiman.

Ia memastikan tidak akan keberatan sejumlah barang hasil pengadaan diambil pihak penyedia. Karena belum punya solusi untuk pembayarannya. “Jika penyedia tidak sabar, ya silakan saja kalau barangnya mau ditarik lagi. Sejauh ini, baru kontainer dan N2 cair saja yang akan ditarik. Selebihnya belum ada informasi dari pihak penyedia,” tukas Warsiman. (hue)

Berita Lainnya

50 Gerobak dan 10 Tenda untuk Pedagang Mukomuko

MUKOMUKO – Kementerian Perdagangan akan mengucurkan bantuan bagi pedagang Mukomuko, tahun ini. Bantuan berupa gerobak ...