Selasa , 25 Februari 2020
Home / Pemilu / Jangan Pasang APK di Tempat Ibadah

Jangan Pasang APK di Tempat Ibadah

Rayendra Pirasad

BENGKULU –  Harus menjadi perhatian kontestan pilkada, tim sukses dan partai politik (parpol) untuk mematuhi tempat titik pemasangan alat peraga kampanye (APK). Salah satunya dilarang memasang APK di tempat ibadah. Juga di sekolah, sesuai Undang Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.  “Jadi perlu diketahui kawasan yang dilarang pemasangan APK. Selain dua tempat tersebut, juga dilarang memasang APK di pohon. APK seperti spanduk, baliho dan umbul-umbul harus diatur pemasangannya,” jelas Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bengkulu, Rayendra Pirasad, SH.I.

Rayendra menegaskan, dalam masa kampanye nanti, Bawaslu akan ketat melakukan pengawasan di lapangan dengan melibatkan timnya di Panwas Kecamatan dan tim Panitia Pengawas Kelurahan (PPL).

“Kita akan awasi ketat di lapangan. Mulai dari pemasangan alat peraga kampanye panwas dan lain sebagainya yang masuk dalam pengawasan Panwas. Yang jelas apabila ditemukan pelanggaran, kita segera tindaklanjuti,” jelasnya.

Selain itu ia juga mengingatkan para paslon tidak melibatkan anak di bawah umur dalam pemasangan APK. “Walaupun pemasangannya mengupah orang. Jangan sampai melibatkan anak di bawah umur. Begitupun melibatkan anak dalam kempanye pemilu, jelas diharamkan. Mohon ini jadi perhatian semua pihak,” ungkapnya.

Rayendra juga meminta setiap paslon mengawasi langsung pemasangan APK yang dilakukan tim kampanye maupun partai politik (parpol) ataupun gabungan parpol. “Tujuannya agar tidak ada penyimpangan dalam pemasangan APK.  Kami juga akan kembali mengingatkan setiap paslon yang menerima APK agar mematuhi aturan yang ada dengan menaatinya,” pungkasnya.(new)

Berita Lainnya

Imron Siap Rebut Ketua DPD Golkar

BENGKULU – Satu lagi kader senior Partai Golkar yang berencana maju dalam pemilihan Ketua DPD …