Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Pembersihan Siring Antisipasi Banjir

Pembersihan Siring Antisipasi Banjir

LEBONG UTARA – Mengantisipasi penyumbatan air yang dapat memicu banjir, Anggota DPRD Kabupaten Lebong, Desi Fitriawanti meminta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan Kabupaten Lebong melaksanakan kegiatan cuci siring atau pembersihan drainase.

Sasarannya, sedimentasi endapan drainase yang berada di kawasan pebing rkotaan. Khususnya di seputaran Kecamatan Lebong Utara, Kecamatan Amen dan titik-titik rawan bencana banjir lainnya.

Pembersihan dimaksud, berupa pengerukan endapan lumpur dan sampah yang menumpuk di dasar saluran irigasi. Bukan hanya sebatas membersihkan sampahnya saja tanpa pengerukan seperti yang diduga dilakukan PUPRHub selama ini. Tujuannya agar saluran air lancar tanpa ada penyumbatan sehingga dapat meminimalisir meluapnya air ke badan jalan. ‘’Apalagi sekarang sudah mulai musim hujan, jangan sampai air siring tersumbat oleh sampah,” kata Desi.

Belajar dari pengalaman banjir di Desa Nangai Amen, Kecamatan Lebong Utara dan beberapa titik lainnya, umumnya luapan air akibat kondisi siring yang sudah mendangkal akibat pengendapan lumpur di bagian dasar. Diperparah beberapa selokan tersumbat oleh sampah. ‘’Kalau fungsi siring berjalan dengan baik, pastinya dapat mengurangi resiko banjir,’’ terang Desi.

Kegiatan cuci siring juga tetap harus tetap dilaksanakan agar air tetap mengalir di jalurnya. Termasuk koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk kegiatan sosialisasi kebersihan lingkungan. Mengingat sampai saat ini masih banyak masyarakat yang membuang sampah di drainase. ‘’Kebiasan masyarakat yang salah itu, harus diubah,’’ tutur Desi.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Dinas PUPRHub Kabupaten Lebong, Joni Prawinata, M.Si, mengaku akan segera melakukan cuci siring. Kegiatan itu memang masuk kegiatan rutin yang dilakukan secara berkala setiap tahunnya. ”Kami juga mengimbau agar masyarakat tidak buang sampah sembarangan agar saluran siring tidak tersumbat,” tandas Joni.(sca)

Berita Lainnya

Setiap Triwulan, TKK Dievaluasi

PELABAI – Para Tenaga Kerja Kontrak yang akan dipekerjakan Pemerintah Kabupaten Lebong tahun ini harus …