Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Tanggulangi Abrasi di Sungai Lemau

Tanggulangi Abrasi di Sungai Lemau

BENTENG – Abrasi yang terjadi pada sisi kiri dan kanan daratan Sungai Lemau, di Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Pondok Kelapa semakin mengkhawatirkan. Lebar sungai saat ini semakin bertambah. Hal ini dapat dilihat dari sisa daratan yang sudah menjadi bagian aliran sungai.

Kepala Desa Pondok Kelapa, Alamsyah menjelaskan bahwa hal ini sudah sangat sering dilaporkan. Baik kepada Pemerintah Kabupaten Benteng ataupun pemerintah Provinsi Bengkulu hingga perwakilan instansi pemerintah pusat yang ada di Provinsi Bengkulu. ‘’Hingga kini belum ada tanggapan,” terang Alamsyah.

Dijelaskannya, untuk perbaikan yang diharapkan bisa dibangun penahan abrasi sungai. Seperti yang ada di aliran Sungai Bengkulu dekat perbatasan dengan Kabupaten Benteng. Penahan permanen dapat mencegah terjadinya abrasi untuk kedepannya.

Abrasi akan semakin diperparah dengan adanya aliran air yang dikeluarkan oleh PLTA Musi. Karena, debit air dipastikan bisa mencapai puluhan kali lipat dari hari biasanya.

Hal ini menurut Alamsyah, hendaknya cepat ditanggapi dengan aksi demi penyelematan daratan yang berada dekat sungai lemau. “Kami tidak tahu harus melaporkan hal ini kemana lagi, dan kami berharap pihak terkait dan berwenang bisa secepatnya membantu untuk menyelamatkan daratan yang sudah mulai banyak tergerus abrasi,” demikian Kades.(vla)

Berita Lainnya

Bisnis Bersama, Berujung Maut, Ini Dia Asal Muasal Pembunuhan di Sri Kuncoro

BENTENG– Setelah melalui pemeriksaan yang intensif, diketahui penyebab kematian Ratiawan yang begitu tragis lantaran masalah …