Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Mobil Tidak Boleh Pasang Stiker Gelap

Mobil Tidak Boleh Pasang Stiker Gelap

STIKER: Salah satu kendaraan dinas Pemkab BS dipasang stiker berwarna.(foto:rio/rb)

KOTA MANNA – Untuk meminimalisir angka kecelakan roda empat di jalan raya, Satlantas Polres Bengkulu Selatan, mengimbau pada pemilik mobil agar tidak memasang stiker atau penutup kaca yang gelap alias tidak tembus pandang.

‘’Kaca mobil tidak boleh ditutupi dengan stiker gelap yang menutup pandangan dari dalam. Pasalnya, ini dapat menyebabkan kecelakaan,’’ kata Kasat Kapolres Bengkulu Selatan AKBP. Deddy Nata, S.IK, melalui Kasat Lantas AKP. Iskandar, SH.

Dijelaskannya berdasarkan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas pemasangan kaca berwarna atau kaca berlapis bahan berwarna di kendaraan, tidak boleh kurang dari 70 persn.

Tetapi, lanjut Iskandar, kaca depan atau kaca belakang boleh dipasang dengan kaca berwarna atau kaca berlapis bahan pewarna dengan persentase penembusan cahaya  tak kurang dari 40 persen. “Aturan itu berlaku untuk semua jenis kendaraan, baik kendaraan  pribadi dan kendaraan dinas,” tegas Kasat Lantas.

Lebih lanjut dikatakan Kasat Lantas, larangan tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecalakaan. Sebab jika kaca ditutup dengan stiker gelap maka penglihatan akan terbatas. Jadi sopir tak bisa lihat keluar kendaraan. “Kami akan tindak kalau ada mobil yang memasang stiker gelap pada kaca mobil. Ini akan menghalangi  pandangan dari dalam mobil,” demikian Kasat Lantas.(tek)

Berita Lainnya

Dewan Bentuk Pansus penyelesaian Masalah Perusahaan

KOTA MANNA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) resmi membentuk Panitia …