Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / 100 Pasangan Akan Ikut Nikah Gratis

100 Pasangan Akan Ikut Nikah Gratis

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara tahun ini akan menggelar nikah gratis bagi pasangan yang ekonominya kurang mampu. Bekerjasama dengan Kemenag Bengkulu Utara, Pemkab akan menikahkan secara agama dan negara pada Maret mendatang.

Kabag Kesra Setda Bengkulu Utara, Maman Suherman, S.STP, M.Si menjelaskan masing-masing kecamatan akan mendapatkan kuota 5 pasangan untuk 19 kecamatan. Sedangkan yang lima lagi jika masih ada masyarakat kurang mampu yang membutuhkan. “Syaratnya hanya untuk pasangan kurang mampu. Sehingga memang mereka bisa menikah secara sah,” kata Maman.

Tak hanya untuk pasangan muda yang memang ingin ikut dalam program menikah gratis tersebut. Untuk pasangan yang sudah menikah hanya saja belum sah secara negara atau belum memiliki buku nikah, juga diperbolehkan ikut dalam program tersebut.  “Namun kita tidak menyediakan mahar, silakan disiapkan sendiri oleh peserta,” terangnya.

Pemkab Bengkulu Utara hanya menyediakan bingkisan pada pasangan yang akan ikut dalam nikah gratis tersebut. Setiap pasangan juga dipersilakan memilih pakaiannya masing-masing saat prosesi akad nikah dilangsungkan. “Nikah gratis ini penting, karena banyak masyarakat yang mungkin kurang mampu sehingga terpaksa menikah secara agama lebih dulu. Jadi kita buat program ini,” jelas Maman. (qia)

Berita Lainnya

Bangun Jalan Dua Jalur Pemkab Anggarkan Rp 6 Miliar

ARGA MAKMUR – Pemkab Bengkulu Utara akan kembali mengalokasikan dana APBD untuk pembangunan infrastruktur kota. …