Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Kontraktor Galian C di Mukomuko Tidak Patuh Pajak

Kontraktor Galian C di Mukomuko Tidak Patuh Pajak

MUKOMUKO – Pemkab Mukomuko kehilangan sumber Pendapatan Asli Daerah dari sektor pajak mineral bukan logam dan batuan atau galian C. Khususnya dari proyek-proyek yang dibiayai dari APBD Provinsi maupun dari APBN.

Penyebabnya, kontraktor yang mengerjakan proyek Provinsi Bengkulu dan proyek Nasional itu diduga abai. Karena disinyalir tidak bayar pajak galian C. Padahal mereka dapat material untuk pekerjaan proyek dari galian C di daerah ini.

Kabid Pendapatan I Badan Keuangan Daerah Mukomuko, Singgih Pramono, S.Sos, mengungkapkan pemungutan pajak ini dilakukan dengan mekanisme dibebankan kepada pengguna.

Kontraktor pengguna material yang bersumber dari galian C diminta melunasi lebih dulu pajak quary sesuai pemakaian sebelum ada pencairan. ‘’Kalau untuk proyek kabupaten bukti lunas pajak PMBLB. Ini jadi syarat pencairan,” ujar Singgih.

Ironisnya, untuk proyek provinsi dan nasional di Kabupaten Mukomuko yang notabene butuh  material yang banyak. Namun para kontraktor banyak sekali tidak membayar pajak quary.

“Sedikit sekali kontraktor milik proyek provinsi dan nasional yang sadar membayar pajak quary ke Mukomuko. Sebagian besar dari kontraktor itu tak bayar pajak. Jelas Mukomuko kehilangan potensi PAD yang cukup besar,” jelas Singgih.

Ditambahkan, sudah melaporkan masalah ini kepada Pemprov Bengkulu. Termasuk pada pemerintah pusat dalam hal ini pada Balai Wilayah Sungai Sumatera VII, dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Padang.

“Sudah kita laporkan secara resmi melalui surat. Kita meminta kepada Pemprov dan Pemerintah Pusat untuk mempersyaratkan bukti lunas pajak PMBLB. Ini sebagai syarat pencairan,” demikian Singgih. (hue)

Berita Lainnya

RAT Sekaligus Pembagian SHU Kopkar PT. DDP

IPUH – PT. Daria Dharma Pratama menyelenggarakan Kegiatan Rapat Anggota Tahunan sekaligus pembagian Sisa Hasil …