Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Kaur / Anggaran Tersedot Pilkada, Program Bintang Jemput Bintang Berlaku Hanya untuk Beasiswa Dalam Negeri

Anggaran Tersedot Pilkada, Program Bintang Jemput Bintang Berlaku Hanya untuk Beasiswa Dalam Negeri

Endy Yulizar

KOTA BINTUHAN- APBD yang banyak tersedot untuk membiayai Pilkada 2020, membuat beberapa kegiatan rutin Pemkab Kaur terpaksa harus dikurangi. Salah satunya adalah program beasiswa Bintang Jemput Bintang. Jika sebelumnya program Bintang Jemput Bintang ini cakupannya sampai membiayai pendidikan dua pelajar hingga ke luar negeri, tahun ini hanya untuk pendidikan di dalam negeri saja. Kuotanya juga dibatasi hanya untuk 4 pelajar terbaik.

Kepala Dinas Pendidikan Kaur Endy Yulizar membenarkan kalau tahun ini program Bintang Jemput Bintang hanya untuk besiswa dalam negeri saja. Mereka sudah mengusulkan program Bintang Jemput Bintang dua untuk beasiswa luar negeri dan lima untuk beasiswa dalam negeri. Tapi tidak bisa diakomodir keseluruhannya.

“Untuk program Bintang Jemput Bintang kita akui setiap tahunnya ada di luar dan dalam negeri, namun karena anggaran untuk Pilkada cukup besar sehingga program Bintang Jemput Bintang tahun ini hanya untuk dalam negeri saja. program Bintang Jemput Bintang untuk luar negeri kita tunda dulu dan akan kita lanjutkan kembali di tahun 2021 yang akan datang setelah pilkada,” terang Endy Yulizar.

Sama seperti tahun sebelumnya, beasiswa ke dalam negeri ini telah terjalin antara Pemkab Kaur dan juga universitas ternama di Indonesia. Mulai ITB, UGM dan universitas lainnya.

Dispendik Kaur saat ini sudah menyurati setiap SMA/MA dan SMK se Kaur untuk segera mengirimkan peserta yang akan ikut seleksi program Bintang Jemput Bintang tahun 2020 ini. Untuk sekolah yang akreditasi A bisa mengirim peringkat satu hingga tujuh besar. Untuk sekolah akreditasi B bisa mengirim peringkat satu hingga lima besar dan sekolah dengan akreditasi C hanya peringkat satu sampai tiga saja.

“Untuk program Bintang Jemput Bintang tahun 2020, saat ini kita sudah sampaikan kepada setiap sekolah untuk menyampaikan siswa terbaiknya untuk ikut seleksi. Mereka yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi akan mendapatkan beasiswa ke berbagai universitas terbaik di Indonesia,” pungkas Kadispendik Kaur. (cik)

Berita Lainnya

Indehoy di Hotel Pasangan Bukan Muhrim Ditangkap Polisi Beserta Mucikari

KOTA BINTUHAN – Pasangan bukan muhrim diamankan Sat Reskrim Polres Kaur, Selasa (25/2) dini hari. …