Sabtu , 22 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Rafflesia Bengkuluensis Bisa Jadi Ikon Daerah

Rafflesia Bengkuluensis Bisa Jadi Ikon Daerah

Gusnan Mulyadi

ULU MANNA – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu Selatan (BS) menyebut kembali mekarnya puspa langka Rafflesia Bengkuluensis di kawasan Dusun Pulau Lebar, Desa Kayu Ajaran, Kecamatan Ulu Manna, belum lama ini menandakan Kabupaten Bengkulu Selatan khususnya kawasan hutan di Kecamatan Ulu Manna berpotensi sebagai habitat tumbuhnya bunga Rafflesia.

“Itu objek daya tarik wisatawan yang ke depannya diharapkan bisa menjadi ikon daerah. Mengingat mekarnya puspa langka itu bukan kali pertamanya di kawasan hutan Ulu Manna itu,” ujar Kepala Resort BKSDA Bengkulu Selatan, Rinjuan Windi, Selasa (28/1).

Dia mengaku, pihaknya terus memantau perkembangan bunga Rafflesia tersebut dan berharap habitatnya bisa terjaga, sehingga keberadaan bunga langka ini dapat berkembang dan tetap lestari. Dia mengimbau masyarakat yang ingin melihat bunga langka ini agar tidak menginjak knop calon bunga atau merusaknya.

“Bunga ini menjadi daya tarik wisata dan lokasinya sangat strategis dekat jalan raya juga tidak jauh dari objek wisata air terjun Geluguran. Saya harap ke depannya bisa menjadi salah satu objek wisata dan menjadi sasaran wisata para wisatawan luar maupun lokal,” harapnya.

Sementara itu Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, SE, MM turut mengimbau masyarakat untuk menjaga kelestarian bunga Rafflesia. “Jangan memegang bakal bunga agar tidak rusak serta jangan terlalu dekat dengan habitatnya agar tidak terinjak bakal bunga atau inang dari bunga langka ini,” pungkas Bupati. (tek)

Berita Lainnya

Seminggu Hilang, Motor Ditemukan

KOTA MANNA –Polsek Kedurang berhasil mengamankan satu unit motor jenis Yamaha Mio M3 warna putih …