Selasa , 25 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Tidak Ada Mobil Jenazah

Tidak Ada Mobil Jenazah

MUKOMUKO – Hitungan minggu, Kabupaten Mukomuko berumur 17 tahun sejak mekar dari Bengkulu Utara. Namun hingga detik ini Pemkab Mukomuko tanpa memiliki satu unit pun mobil khusus pengangkutan jenazah. Baru tahun ini bakal ada, itupun sebatas rencana. Ini dibenarkan Kepala Bidang (Kabid) Aset Daerah Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko, Eka Purwanto, S.IP, M.Si.

Pengadaan itu direncanakan bersamaan dengan pengadaan dua unit mobil ambulan atau mobil puskesmas keliling (Pusling). Itu jika nantinya anggaran untuk pengadaan tiga unit mobil khusus tersebut tidak terkena pemangkasan atau hilang karena harus dilakukan rasionalisasi anggaran.

“Kalau untuk kegiatannya ada dalam daftar penggunaan anggaran bidang kita. Terdiri dua unit mobil Pusling dan satu unit pengangkut jenazah. Tapi berapa pagunya, saya tidak ingat,” papar Eka.

Ia tak menampik salahsatu pertimbangan rencana membeli dua unit mobil Pusling dan satu unit mobil pengangkut jenazah itu setelah keberadaan mobil tersebut masih kurang. Selama ini pengangkutan jenazah dari rumah sakit ke rumah duka masih menggunakan mobil ambulan,” sebut Eka.

Mestinya untuk mengangkut jenazah pakai mobil khusus dan bukan ambulan seperti yang ada selama ini. Karena mobil ambulan gunanya untuk mengangkut orang sakit. Namun karena tidak ada pilihannya, tahun ini Pemkab Mukomuko akan membeli mobil tersebut untuk rumah sakit.

“Sedangkan keberadaan mobil Pusling memang masih kurang. Sehingga
pelayanan kesehatan  keliling yang dilakukan petugas kesehatan kurang berjalan maksimal, lantaran kendaraan tidak ada,” jelas Eka.

Pihaknya mengharapkan meski saat ini anggaran mengalami defisit. Namun untuk pengadaan tiga unit mobil pelayanan kepada masyarakat itu tidak dibatalkan. Karena sangat dibutuhkan sebagai salahsatu pelayanan dasar kepada masyarakat.

“Kalau bisa saya minta supaya anggaran untuk membeli dua mobil Pusling dan satu unit mobil jenazah tak kena rasionalisasi. Karena itu sangat penting dan sangat diharapkan masyarakat,” demikian Eka. (hue)

Berita Lainnya

RAT Sekaligus Pembagian SHU Kopkar PT. DDP

IPUH – PT. Daria Dharma Pratama menyelenggarakan Kegiatan Rapat Anggota Tahunan sekaligus pembagian Sisa Hasil …