Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Bengkulu Utara Kekurangan 1.000 Guru

Bengkulu Utara Kekurangan 1.000 Guru

Bambang Pramana Budi

ARGA MAKMUR – Bengkulu Utara menjadi salah satu kabupaten yang kekurangan guru di Provinsi Bengkulu. Dari 2.100 guru yang ada, Bengkulu Utara masih kekurangan minimal 1.000 guru untuk ditugaskan di 312 sekolah baik SD maupun SMP.

Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkulu Utara, Drs. Bambang Pramana Budi, M.Pd menuturkan Dispendik sudah melakukan penghitungan jumlah kebutuhan guru dan disesuaikan dengan jumlah sekolah. Jumlah itu juga yang diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-Rakyat Bengkulu). “Karena setiap tahun jumlah siswa kita meningkat. Diiringi juga dengan penambahan kelas baru dan sekolah baru,” terangnya.

Pemkab Bengkulu Utara juga sudah menambah jumlah guru dengan penambahan Guru Bantu Daerah yang sebelumnya 1.000 menjadi 1.250 GBD. Namun jumlah tersebut belum memenuhi jumlah kebutuhan guru di Bengkulu Utara. “Memang ada sekolah yang muridnya sedikit, namun dengan jarak yang jauh, tidak memungkinkan bergabung dengan sekolah lain,” jelas Bambang.

Terbanyak kekurangan guru adalah untuk guru mata pelajaran di tingkat SMP. Saat ini jumlah penerimaan guru dari tes CPNS lebih kecil dari jumlah guru yang memasuki pensiun, pindah tugas dengan alasan ikut suami dan lainnya. “Makanya kekurangan guru setiap tahun bertambah karena memang setiap tahun berkurang,” ungkap Bambang.(qia)

Berita Lainnya

Pemkab Tidak Anggarkan Lelang, Dua Jabatan Kadis di Bengkulu Utara Kosong Sampai Tahun Depan

ARGA MAKMUR – Jabatan Kadis Perhubungan dan Kadis Perdagangan yang kini diisi pelaksana tugas belum ...