Senin , 17 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / Kendurian Festival Disparpora Siapkan 2 Ribu Durian

Kendurian Festival Disparpora Siapkan 2 Ribu Durian

Eddy Ramlan

PELABAI – Kendurian Festival yang akan digelar 15-16 Februari mendatang, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Lebong akan menyiapkan 2 ribu buah durian. Jumlah itu disesuaikan dengan tamu udangan dan para wisatawan yang akan menghadiri agenda promosi daerah itu. ‘’Nanti buah durian itu akan dimakan serentak dalam lomba makan durian,’’ kata Kepala Disparpora Kabupaten Lebong, Ir. Eddy Ramlan, M.Si.

Selain lomba makan durian, dalam kegiatan itu juga akan digelar kontes buah durian. Mulai dari ukuran terbesar dan terkecil hingga bentuk buah durian yang unik. Termasuk cita rasanya yang pas berdasarkan tingkat kematangan.

‘’Buah durian yang kami siapkan itu gratis dimakan. Siapa saja yang hadir akan diberikan buah durian dengan syarat dimakan serentak dalam lomba,’’ terang Eddy.

Sebagai pendongkrak kreativitas Usaha Kecil dan Menengah, Disparpora akan menyiapkan bazar yang menjual berbagai makanan olahan dengan bahan dasar buah durian. Mulai dari lempuk, kolak hingga penganan ringan lainnya. Makanan olahan buah durian itu juga akan dijadikan sebagai oleh-oleh kepada pengunjung yang datang.

‘’Intinya kami menargetkan melalui festival itu, Lebong juga dikenal masyarakat luar sebagai penghasil durian terbesar di Bengkulu,’’ ungkap Eddy.

Durian yang disiapkan, versi Eddy, semuanya dikumpulkan dari para petani yang ada di Kabupaten Lebong. Yakni buah durian yang tumbuh di tanah Lebong. Dengan begitu, pengunjung yang datang diharap bisa menilai cita rasa buah durian Lebong yang terkenal dengan daging buahnya yang tebal serta rasa yang sangat manis itu. ‘’Kami harap masyarakat dapat berpartisipasi menyukseskan kegiatan promosi daerah ini,’’ papar Eddy.

Diketahui, Kendurian Festival itu akan dilaksanakan di Desa Lemeu, Kecamatan Uram Jaya. Alasannya karena desa ini merupakan salah satu penghasil durian terbesar di Kabupaten Lebong. Dengan konsep full outdoor, pengunjung punya kesempatan melihat langsung pohon-pohon durian yang ada di Lebong. (sca)

Berita Lainnya

BPJS Tanggung Semua Obat

AMEN – Dalam rangka peningkatan pelayanan, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kabupaten Lebong mengajak ...