Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Wilayah Luas, Anggaran Sedikit

Wilayah Luas, Anggaran Sedikit

Marjohan

MUKOMUKO – Wilayah Kabupaten Mukomuko sangat luas, dan masih banyak membutuhkan pembangunan. Khususnya pembangunan infrastruktur. Namun dibagian lain, Pemkab Mukomuko kurang mendapat dukungan anggaran yang memadai. Baik itu dari APBN, ataupun dari APBD Provinsi Bengkulu. Ditambah lagi, pendapatan asli daerah  yang meski terbilang besar, tapi belum masuk kategori cukup untuk membiayai pembangunan daerah.

Sekda Mukomuko Drs. H. Marjohan tidak menampik kondisi tersebut. Meskipun APBD Mukomuko target belanjanya sudah sampai Rp 1 triliun. Namun itu tersedot banyak untuk belanja pegawai dan belanja rutin. Sementara wilayah yang perlu dibangun, mulai dari Air Rami hingga Lubuk Pinang.

“Belanja tidak langsung tiap tahun, sudah hampir Rp 400 miliar tersedot belanja pegawai dan belanja rutin. Jadi memang dilemma. Kondisi wilayah yang luas, dari Air Rami sampai Lubuk Pinang. Sangat dirasakan luar biasa Bupati membangun Mukomuko,” ujar Sekda.

Dengan kondisi demikian, butuh kelihaian dari Bupati Mukomuko H. Choirul Huda, SH, agar pembangunan tetap maksimal. Bagaimana penganggaran dan belanja, efektif dan efisien. Agar pembangunan tetap dirasakan seluruh masyarakat Mukomuko.

“DAU kita hanya Rp 500 miliaran. Bagaimana meramu anggaran yang sangat sedikit, sungguh luar biasa,” kata Sekda.

OPD-OPD tetap berkomitmen melaksanakan pembangunan, meskipun ditengah rasionalisasi dan dana yang sedikit. Bukan saja pembangunan fisik, tapi juga pembangunan non fisik, masih tetap berjalan. Ditambah lagi dari unsur forum koordinasi pimpinan daerah, dengan kondisi pembiayaan yang sedikit, tapi mampu mengemas bersama-sama, bersinergi, memberikan masukan. Sehingga pembangunan Kabupaten Mukomuko tetap berlanjut.

“Dengan keterbatasan, namun ada masukan segar dari FKPD. Sehingga semuanya tetap semangat, dan pembangunan tetap berlanjut. Makanya tema HUT Kabupaten Mukomuko ke 17, tahun 2020, kita mengangkat, lanjutkan pembangunan Mukomuko, untuk kemajuan Mukomuko. Artinya, pembangunan tidak berakhir, selalu dinamis, sesuai dengan anggaran yang ada,” tandas Sekda. (hue)

Berita Lainnya

Terbit Sertifikat, Wajib Lunas PBB

MUKOMUKO – Realisasi pendapatan asli daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan Pemkab Mukomuko, belum …