Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / 12 Hari, 5 Korban DBD di Lebong

12 Hari, 5 Korban DBD di Lebong

ANTISIPASI: Petugas Dinas Kesehatan Lebong melakukan fogging di Desa Nangai Tayau, Kecamatan Amen karena ada warga yang positif DBD. (foto: aris/rb)

AMEN – Baru terhitung hari ke 12 bulan Februari, kasus Demam Berdarah Dengue sudah menyerang 5 warga Lebong. Tiga kasus menjangkit warga Desa Nangai Tayau, Kecamatan Amen. Dua kasus lainnya masing-masing menjangkiti warga Kelurahan Turang Lalang, Kecamatan Lebong Selatan dan warga Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Lebong Utara.

Di luar lima warga yang positif DBD itu, ada 1 warga di Kecamatan Lebong Selatan yang terindikasi terserang DBD. Namun kepastiannya masih menunggu hasil tes darah di laboratorium RSUD Lebong.

Sementara bulan Januari, DBD menyerang 6 warga. ‘’Artinya dalam kurun waktu sebulan setengah ini DBD sudah menyerang sebelas orang warga,’’ ujar  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong, Rachman, SKM, M.Si.

Namun dari 11 korban semuanya berhasil disembuhkan. Diakuinya, DBD meningkat seiring datangnya musim penghujan antara November hingga Maret. Mengantisipasi peningkatan kasus DBD, Dinkes Lebong terus berupaya menekan dengan pendekatan preventif kepada masyarakat. ‘’Sosialisasi ke masyarakat terus kami lakukan melalui Puskesmas,’’ terang Rachman.

Mulai mewabahnya DBD, Rachman mengimbau masyarakat proaktif menjaga kebersihan lingkungan melalui program 3M (membersihkan, menutup dan menguburkan) plus aksi pencegahan dengan membagikan bubuk abate.

Untuk kawasan rumah warga yang terjangkit DBD, telah dilakukan fogging oleh petugas kesehatan. Namun itu merupakan langkah terakhir pencegahan DBD karena dampaknya bisa berakibat fatal terhadap kesehatan. ‘’Untuk daerah yang sudah ada korban, mau tidak mau harus dilakukan fogging sebagai pencegahan,’’ tutup Rachman.(sca)

Berita Lainnya

Sulit Bangun Jaringan PDAM ke Pinang Belapis Lebong

AMEN – Dari 12 kecamatan di Kabupaten Lebong, Kecamatan Pinang Belapis merupakan salah satu kecamatan …