Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Berita utama / 405 Peserta SKD Tes CPNS Kemenag Gugur

405 Peserta SKD Tes CPNS Kemenag Gugur

MENUNGGU: Para keluarga peserta Seleksi Kompetensi dasar menunggu dan memantau hasil ujian para peserta di depan display nilai, Kamis (13/2).

BENGKULU – Sejak pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sejak 29 Januari lalu, Kantor Kementerian Wilayah Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu, resmi menutup SKD Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) kemarin (13/4). Pada seleksi kompetensi dasar ini, diikuti sebanyak 3.803 peserta yang melaksanakan tes tersebut. Hal tersebut dikemukakan oleh Pelaksana harian (Plh) Bagian Kepegawaian Kantor Kementerian Agama Bengkulu, Hairul Fuadi. Ia mengatakan seleksi yang bertempat di UPT BKN Bengkulu telah dilaksanakan selama 16 hari, mulai 29 Januari 2020 hingga 13 Februari 2020.

“Jumlah keseluruhan peserta untuk tes ini sebanyak 3.803 orang peserta. Sampai saat ini, setelah sesi pelaksanaan tes yang tidak hadir itu sebanyak 405 peserta, dan yang hadir itu sebanyak 3.345 orang,” kata Hairul Fuadi, Kamis, (13/4).

Dikatakannya, sebanyak 405 peserta yang dinyatakan gugur ini, dikarenakan beberapa kendala dari tidak hadirnya peserta. Misalnya karena terlambat datang ke lokasi tes, salah jadwal tes, dan terakhir memang tidak sengaja hadir dalam tes SKD itu. Hal itu dikarenakan untuk pemilihan lokasi tes SKD di kanwi Bengkulu, itu tidak hanya peserta yang berasal dari Bengkulu.

“Kemungkinan pesertanya dari luar daerah. Karena kebanyakan juga, yang di Bengkulu ini orang yang tes di Kementerian Agama di tempat lain, namun meminta tes nya disini,” tambahnya.

Namun, lanjut Hairul, kebanyakan peserta yang otomatis dinyatakan gugur itu, karena terlambat datang. Ada sekitar 230 peserta yang dinyatakan terlambat, oleh sebab itu mereka tidak dapat mengikuti ujian seleksi kompetensi dasar tersebut.

Pada pelaksanaan tes seleksi kompetnsi dasar ini, para peserta diwajibkan mengerjakan 100 soal dengan nilai passing grade Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar  65, Tes Inteligensia Umum (TIU) minimal  80 dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126.

“Sementara untuk passing grade tertinggi saat ini 420 dari formasi stastisi yang memiliki kuota 3 orang,” tambahnya.

Ia mengatakan untuk penerimaan CPNS tahun ini, pihaknya mendapat kuota sebanyak 69 orang. Namun dalam penentuan kelulusan para peserta ini pihak kantor wilayah Kemenag Provinsi Bengkulu menyerahkan sepenuhnya kepada Panselnas.

“Apabila peserta lulus SKD, itu menunggu pengumuman dari Panselnas Kementrian agama. Tes wawancara itu tergabung dengan SKB, tes SKB itu terdiri dari psikotes, praktek, dan wawancara,” tutupnya. (cw2)

Berita Lainnya

Genjot Pembayaran Non Tunai, BI Gelar Pekan QRIS Nasional

BENGKULU – Bank Indonesia (BI) gencar mensosialisaikan pembayaran non tunai di Provinsi Bengkulu. Khususnya dikalangan …