Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Mukomuko / Pansus Akan Datangi Tiga Kementerian, Terkait Penyaluran Dana

Pansus Akan Datangi Tiga Kementerian, Terkait Penyaluran Dana

TANYA KEMENTERIAN: Ketua Pansus DPRD Mukomuko menyebut akan mendatangi sejumlah Kementerian guna mendapatkan data yang diperlukan. (foto: peri/rb)

MUKOMUKO – Ketua Pansus Penelusuran Gagal Bayar Belanja Modal, Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2019 dan keterlambatan pembayaran tunjangan guru tahun 2019, Antonius Dalle memastikan akan mendatangi tiga Kementerian. Diantaranya Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Pertanian.

Langkah ini, guna mendapatkan informasi yang tepat, terkait teknis dan mekanisme penyaluran anggaran, penyaluran dana bagi hasil, termasuk penyaluran dana perimbangan keuangan daerah. Sebab informasi yang diterima Pansus dari Komisi II DPRD Mukomuko, bahwa terjadinya gagal bayar di tahun 2019 lalu, karena tidak tercapainya target pendapatan.

“Dalam pertemuan dengan Kepala Badan Keuangan Daerah disebutkan gagal bayar karena target pendapatan tidak tercapai. Mulai dari Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Khusus, Dana Alokasi Umum maupun Dana Bagi Hasil,” kata Antonius.

Tidak hanya ke Kementerian, pihaknya juga bakal berkonsultasi dan koordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan dan Kantor Pelayanan Perbendahaan Negara. Untuk nantinya dimintai keterangan dan pendapat.

Tidak menutup kemungkinan lanjut Antonius, Pansus juga akan meminta pendapat dari ahli hukum. Agar didapat bagaimana dari segi hukum, ataupun pandangan tenaga ahli terkait. “Para ahli atau tenaga ahli, juga diminta keterangan, misal dari segi hukumnya,” imbuh Antonius.

Ditanya jika nantinya ada temuan yang berpotensi melanggar hukum, Antonius tidak berani menyatakan akan melaporkan hal tersebut ke penegak hukum. Menurut Antonius, rekomendasi demikian perlu pendapat anggota DPRD Mukomuko yang lainnya.

“Saya pribadi tidak bisa berkata begitu. Tentu akan diminta pendapat anggota dewan lainnya. Karena dewan ini keputusan kolektif kolegial. Tapi apapun yang jadi temuan, akan kita laporkan ke anggota dewan lainnya dalam momen resmi,” demikian Antonius.(hue)

Berita Lainnya

Terbit Sertifikat, Wajib Lunas PBB

MUKOMUKO – Realisasi pendapatan asli daerah dari sektor pajak bumi dan bangunan Pemkab Mukomuko, belum …