Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Berita utama / RSUD M Yunus Miliki ESWL, Alat Pemecah Batu Ginjal

RSUD M Yunus Miliki ESWL, Alat Pemecah Batu Ginjal

TINJAU : Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau operasional ESWL alat pemecah batu ginjal yang baru di RSUD M Yunus. (foto : hasrul/rb)

BENGKULU – Dulu, bila masyarakat Bengkulu yang mengalami sakit batu ginjal harus melakukan pengobatan ke luar provinsi. Ini karena  rumah sakit daerah belum memiliki alat Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL) yang fungsinya memecahkan batu ginjal. Namun sekarang, di RSUD M Yunus Bengkulu sudah memiliki alat tersebut.

Dijelaskan Wadir RSMY Bengkulu, dr. Ismir Fahri mengatakan jika alat tersebut fungsinya untuk memecahkan batu ginjal tanpa harus dilakukan operasi bedah. Alat ini bekerja dengan menggunakan gelombang ultrasound bisa memecahkan batu ginjal cetak. Dalam pengoperasian alat tersebut ditangani langsung oleh dua orang dokter spesialis Urologi.

“Alat ini bisa sampai melakulan 3 ribu tembakan dalam lima puluh menit. Batu-batu itu pecah dia akan berbentuk pasir-pasir dan itu nanti langsung keluar dengan sendirinya melalui air seni,” ungkap Ismir Fahri.

Dikatakannya, yang terpenting alat ini juga bisa digunakan atau dipakai untuk pasien yang menggunakan BPJS. Menurutnya, dengan adanya alat ini tentu akan sangat menghemat waktu bagi pasien karena tidak perlu lagi keluar kota. “Bahkan setelah dilakukan dengan alat ESWL pasien bisa langsung rawat jalan,” tambahnya.

Atas adanya alat baru tersebut, pada Kamis (13/2) siang Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA didampingi Kadinkes Provinsi. H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes langsung meninjau alat tersebut secara langsung. “Tadi saya meninjau satu alat baru untuk menangani batu ginjal yang penindakannya tanpa operasi. Dokternya siap, alatnya siap dan ini juga bisa melayani pasien BPJS,” sampai Gubernur Rohidin usai meninjau alat tersebut. (zie)

Berita Lainnya

Genjot Pembayaran Non Tunai, BI Gelar Pekan QRIS Nasional

BENGKULU – Bank Indonesia (BI) gencar mensosialisaikan pembayaran non tunai di Provinsi Bengkulu. Khususnya dikalangan …