Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Diimingi Hadiah, IRT Kena Tipu Rp 4 Juta

Diimingi Hadiah, IRT Kena Tipu Rp 4 Juta

LAPOR: Korban penipuan melalui handphone seluler melapor ke Satreskrim Polres Bengkulu Selatan, Kamis (13/2). (foto: rio/rb)

KOTA MANNA – Karena terlalu percaya kepada orang yang belum dikenal seorang ibu rumah tangga bernama Nur Ahya Syamsudin (55) warga Pasar Manna kena tipu sebesar Rp 4 juta. Penipuan ini melalui telepon dengan diimingi hadiah barang, yakni berupa sepatu dan gelang, Kamis (13/2).

Anak korban Linus yang melapor ke Polres Bengkulu Selatan, menceritakan kenjadian tersebut. Awalnya pelaku perkenalkan diri pada ibunya via SMS handphone. Oleh pelaku yang sangat pandai bermain kata, terus membujuk korban melalui hadiah menarik dengan menjanjikan hadiah-hadiah berupa gelang dan sepatu.

Tapi untuk mendapat hadiah tersebut, pelaku terlebih dahulu memberikan nomor rekening pada korban. Pelaku minta uang sejumlah Rp 4 juta dengan dalih sebagai pajak. ‘’Kalau ketemu secara langsung belum. Tapi pelaku sok akrab dengan ibu saya dengan mengatakan masih ada hubungan keluarga dan lain sebaginya,’’ kata anak korban dihadapan penyidik Satreskrim Bengkulu Selatan.

Oleh korban menceritakan kejadian kepada anaknya, spontan anak korban berfikir ibunya telah ditipu. Saat nomor pelaku dihubungi, ternyata nomor  telpon itu telah diblokir. ‘’Ibu saya tidak cerita sebelumnya. Na ketika kejadian baru diceritakan. Makanya saya langsung lapor polisi,’’ ujar Linus.

Menanggapi masalah ini Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP. Deddy Nata, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP. Rahmat Hadi Fitrianto, SH, S.IK, disampaikan Kanit Pidum Ipda. Priyanto, SH, pihaknya telah menerima laporan korban. Guna mengetahui dan melacak keberadaan pelaku pihaknya masih akan mendalami dan melakukan penyelidikan. ‘’Ini bukan yang pertama, sebelumnya sudah beberapa kasus yang mirip. Tapi secepatnya kita akan tangani,’’ jelas Kanit Pidum.

Dari kejadian ini Satreskrim mengimbau kepada warga supaya tidak cepat percaya dengan pihak manapun yang menjanjikan hadiah. Apalagi  pada orang yang memang belum dikenal. ‘’Harus benar teliti dan tidak mudah percaya apalagi mau transfer uang,’’ imbau Kanit Pidum.(tek)

Berita Lainnya

PAD Naik, Kesejahteraan Masyarakat Meningkat

KOTA MANNA – Meningkatnya Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan dari sektor pajak penerangan jalan, …