Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Metropolis / Gempa 4,5 SR Guncang Bengkulu Selatan

Gempa 4,5 SR Guncang Bengkulu Selatan

foto : ist/rb

BENGKULU – Jumat (14/2) pukul 08.47 WIB terjadi gempa bumi teknonik berkekuatan 4,5 skala richter (SR) wilayah Bengkulu Selatan dan sekitarnya. Kepala BMKG Kepahiang, Litman, ST mengatakan analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.5.

“Dengan pusat gempa bumi terletak pada koordinat 4.62 LS – 102.76 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 25 km BaratDaya Bengkulu Selatan dengan kedalaman 36 Kilometer,” kata Litman.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

Dipaparkan Litman, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Seluma dengan Skala Intensitas II – III MMI. “Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” paparnya.

Hingga saat ini, lanjutnya, dari hasil monitoring belum ada yang menunjukkan aktifitas gempa susulan. “Gempa ini tidak berptotensi tsunami. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut,” imbaunya. (zie)

Berita Lainnya

Bantuan PKH Kota Bengkulu Capai 41 miliar

BENGKULU – bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahun 2020 mencapai Rp 41 miliar. Bantuan itu …