Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Curup Pos / Program Pengembangan Kawasan Transmigrasi

Program Pengembangan Kawasan Transmigrasi

CURUP – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rejang Lebong (RL) saat ini sedang menyiapkan program pengembangan kawasan transmigrasi. Dimana pengembangan kawasan transmigrasi ini nantinya disesuaikan dengan potensi wilayah transmigrasi masing-masing yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

Kadis Nakertrans Syafawi, S.KM melalui Kabid Pengembangan Kawasan Transmigrasi Anes Rahman menyampaikan, ini sebagai salah satu langkah tindak lanjut setelah adanya SK Noomor 106/2018 tentang Pengembangan Kawasan Transmigrasi yang salah satunya berada di Kabupaten Rejang Lebong.

‘’SK memang sudah diterbitkan sejak tahun 2018 lalu namun baru kita terima tahun 2019. Saat ini kita masih dalam proses mengkaji dan mempelajari lebih dalam sekaligus mempersiapkan perencanaan pengembangan. Proses pengembangan kawasan transmigrasi ini nantinya pasti melibatkan instansi lintas sektor kementerian di pusat,’’ terang Anes.

Dalam SK tersebut, ungkap Anes, Kawasan transmigrasi di Kabupaten Rejang Lebong disebut Kawasan Transmigrasi Padang Ulak Tanding (PUT). Kawasan ini meliputi tujuh kecamatan yang memang seluruhnya memiliki lahan atau lokasi transmigrasi dan hampir seluruhnya sudah menjadi desa mandiri saat ini. Langkah awal yang akan dilakukan yaitu penyusunan masterplan serta study banding ke daerah yang sudah berhasil mengembangkan kawasan transmigrasinya terutama di Kabupaten Bengkulu Utara.
‘’Sesuai dengan paradigma transmigrasi baru adalah mengembangkan kawasan dan bukan lagi memindahkan orang dari kota padat penduduk ke daerah yang penduduknya masih jarang. Sehingga kawasan transmigrasi yang sudah berdiri menjadi desa mandiri maupun belum bisa semakin maju dan berkembang,’’ lanjut Andes.

Ditambahkan Anes, selain Kabupaten Rejang Lebong, di Provinsi Bengkulu yang masuk dalam rencana pengembangan kawasan transmigrasi adalah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan (BS). ‘’Dari empat wilayah kabupaten tersebut, memang baru Bengkulu Utara yang sudah melaksanakan pengembangan,’’ imbuh Anes.(dtk)

Berita Lainnya

Warga Temukan Motor Tak Bertuan, Diduga Hasil Kejahatan

CURUP – Warga di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan, Kamis (27/2) malam sedikit heboh. …