Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Daerah / Lebong / SK TKK Tinggal Diteken Bupati

SK TKK Tinggal Diteken Bupati

TETAP KERJA: Di tengah kegelisahan menunggu kepastian SK, para TKK di Bagian Keprotokoleran tetap aktif masuk kerja membantu pelayanan Pemkab Lebong. (foto: aris/rb)

PELABAI – Beberapa Tenaga Kerja Kontrak yang diberdayakan Pemerintah Kabupaten Lebong tahun 2019, satu persatu mulai mundur perlahan. Soalnya hingga Kamis (13/2), Pemerintah Kabupaten Lebong belum juga mengeluarkan Surat Keputusan pengangkatan TKK tahun ini.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Lebong, H. Mustarani Abidin, SH, M.Si sempat menyampaikan rencana pengurangan hingga 1.000 orang dari 2.720 TKK yang diberdayakan tahun 2019.

Dikatakan Mustarani, SK pengangkatan TKK tinggal menunggu tanda tangan bupati. Sekaligus menunggu laporan tim Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia terkait validitas data TKK. Tujuannya semata menghindari adanya data TKK ganda. ‘’Kalau tidak ada kendala, minggu depan SK terbaru sudah dibagikan,’’ kata Mustarani.

Dipastikannya jumlah TKK yang direkrut jauh berkurang dari TKK yang diberdayakan tahun 2019. Soalnya TKK yang direkrut disesuaikan dengan kebutuhan real seluruh Organisasi Perangkat Daerah. Bukan didasarkan pada usulan OPD karena jumlah yang diusulkan belum tentu sesuai kebutuhan real. ‘’Pengurangan bisa setengah dari yang diberdayakan tahun 2019, bahkan bisa lebih, tergantung kebutuhan,’’ tutur Mustarani.

Pengurangan jumlah TKK, lanjut Mustarani, tidak hanya berkaitan dengan temuan Badan Pemeriksa Keuangan. Namun berdasarkan hasil uji kompetensi terhadap seluruh TKK yang dipekerjakan 2019, hanya 1.800 yang dinilai layak dipertahankan. Sementara dalam kebijakan memberdayakan TKK, Pemkab Lebong juga dituntut lebih maksimal dalam pelayanan. ‘’Perlu dipahami pengangkatan TKK itu bukan hanya sebatas menambah jumlah pegawainya saja, alasan utamanya tetap pada peningkatan pelayanan,’’ terang Mustarani.

Dalam perekrutan TKK, tolak ukur yang dipertimbangkan adalah kelulusan dalam uji kompetensi. Penilaiannya berdasarkan beban kerja dan masa kerja masing-masing TKK yang selama ini dipekerjakan. Penilaiannya sesuai analisa masing-masing pimpinan OPD dan tim perekrutan TKK yang dibentuk Pemkab Lebong. (sca)

Berita Lainnya

Sulit Bangun Jaringan PDAM ke Pinang Belapis Lebong

AMEN – Dari 12 kecamatan di Kabupaten Lebong, Kecamatan Pinang Belapis merupakan salah satu kecamatan …