Sabtu , 29 Februari 2020
Home / Breaking News / Soal Virus Corona, Gubernur Minta Masyarakat Pro Aktif dan Tidak Resah

Soal Virus Corona, Gubernur Minta Masyarakat Pro Aktif dan Tidak Resah

Rohidin Mersyah

BENGKULU – Di Bengkulu, sudah ada dua orang pasien yang sempat diobservasi karena dicurigai terjangkit virus corona. Pertama, seorang mahasiswi yang kuliah di Cina dan baru pulang ke Bengkulu. Kemudian terbaru, seorang tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang baru saja pulang merayakan Imlek di negara asalnya.

Untuk kasus pertama sudah dipastikan oleh tim medis RSUD M Yunus (RSMY) Bengkulu negatif setelah melalui proses observasi dan sejumlah pemeriksaan medis. Untuk kasus kedua, saat ini masih dalam tahap observasi, dan ditempatkan di ruang isolasi khusus.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA menjelaskan standar operasional prosedur (SOP) penanganan penyebaram virus corona ini sudah sangat jelas. Menurutnya, jika dia TKA ataupun bukan TKA yang baru saja pulang dari negara yang endemik kasus Corona serta mengalami gejala-gejala seperti demam dan sakit tenggorokan tentu pasti akan dilakukan pemeriksaan.  “Saya kira SOP sudah jelas ya, kalau tenaga kerja asing, terutama yang berasal dari daerah endemik itu pasti kita lakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Oleh karena itu, kepada masyarakat umum, kata Rohidin, diimbau untuk pro aktif segera melaporkan ke rumah sakit terdekat bila menemukan gejala-gejala tersebut. “Juga masyarakat umum kalau ada yang terindikasi atau teras ads gejala-gejala kearah corona virus saya kira dia bisa pro aktif ke pihak rumah sakit terdekat,” sampainya.

Pada prinsipnya, lanjut Rohidin,baik tenaga medis maupun peralatan sudah dipersiapkan untuk penanganan pasien corona ini. “Gejala sekecil apapun kita lakukan tindakan sampai dipsstikan yang bersangkutan aman dan masyarakat tidak perlu ada ketakutan atau kegelisahan atas kasus ini,” demikian Rohidin. (zie)

Berita Lainnya

Genjot Pembayaran Non Tunai, BI Gelar Pekan QRIS Nasional

BENGKULU – Bank Indonesia (BI) gencar mensosialisaikan pembayaran non tunai di Provinsi Bengkulu. Khususnya dikalangan …